Artikel :

MEMBUAT WEBSITE SEKOLAH DENGAN MUDAH DAN MURAH

Jumat, 15-Oktober-2021 06:38
MOU dengan SMK Unggulan NU Mojoagung Jombang
MOU dengan SMK Unggulan NU Mojoagung Jombang

Membuat website sekolah sama halnya membuat website untuk perusahaan, tidak bisa asal-asal an ada web, tidak bisa asal-asal an online namun ada ilmunya. ibarat kantor atau rumah, maka harus dibuat semenarik mungkin, mudah digunakan dan intuitif, cepat aksesnya dan lain sebagainya.


kami tidak bilang membuat website itu gratis karena pada dasarnya membuat website itu ada biaya yang harus dikeluarkan, misal untuk membeli / sewa domain, membeli / sewa server - hosting, membeli desain tamplate jika anda menggunakna template premium, belanja plug in apabila anda ingin mendapatkan fitur tertenu dan belanja lainnya. bahkan ada biasa jasa pembuatan apabila anda menggunakan jasa pengembang website profesional. 


lantas apa saja langkah yang dilakukan membaut website secara mudah dan murah/, sebagai berikut


1.  Menentukan Domain dan Membeli domain.


Domain itu adalah alamat situs, misal smknumojoagung.sch.id, smamuhammadiyah-jbg.sch.id. smknumojoagung itu nama domain, .sch.id itu adalah extensinya. misalnya lagi, google.com, google itu nama domain/alamat situs, .com  adalah extensinya. yang perlu diperhatikan domain itu ibarat merk, harus mudah di ingat publik dan sesuai dengan identitas sekolah, sedangkan extensi itu ada keperuntukannya, misal .com untuk komersil, sch.id untuk sekolah di indonesia, .org untu organisasi, or.id untuk organisasi indonesia. tersedia banyak extensi, silakan di sesuaikan.


2. Membeli / Menyewa server Hosting


Hosting itu adalah tempat meletakkan file / data dari web itu disimpan. tanpa hosting pengguna atau pengjung tidak bisa mengakses website anda. Biaya Hosting biasanya berbanding lurus dengan spesifikasi, kapasitasnya, fitur dan kualitasnya.


berdasarkan lokasinya ada hosting dengan server luar negeri, ada hosting dengan server di dalam negeri. jika pengunjung yang anada target adalah luar negeri maka idealnya lokasi server nya diluar negeri, begitu juga sebaliknya, hal ini biasanya terkait dengan routing jaringan. jika pengunjung yang anda adalah dalam negeri mestinya belinya server dalam negeri / Indonesia. pada umumnya untuk server yang berada di Indonesia harganya lebih tinggi daripada server luar negeri. 


selain itu adal Shared Hosting, ada dedicated hosting ada juga cloud hosting. terkait maksud dan pengertiannya akan dibahas dalam artikel berikutnya.


Rata-rata harga server hosting dengan server indonesia yang bagus dibandrol diharga 100 ribu - 125 ribu per 100Mb / tahun, memang ada yang lebih murah bahkan ad ayang 50rb per100mb.pertahun.


3. Web Content Management System (CMS)


Content Management System atau CMS adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu pengguna untuk membuat, mengatur, dan mengubah konten di dalam website.


Ada banyak CMS dari mulai yang gratis hingga yang berbayar. yang gratis misalnya adalah Wordpress, Joomla dan lain-lain. meskipun CMS tersebut gratis jika anda membuat website sendiri anda perlu mempelajari bagaimana melakukan instalasi, mengatur dan mengcustumer sesuai kebutuhan. nah, ilmu dan waktunya inilah yang mahal dan jika anda menggunakan jasa pengembang web, sesungguhnya adalah kemampuan dan waktunya itu yang harus dibayar meskipun yang digunakan adalah CMS Wordpress yang gratis.


selain CMS Gratis tersebut ada juga CMS yang berbayar, yakni CMS yang dibuat secara khusus dan spesifik oleh developer / pengembang website, dengan menggunakan bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, java script, PHP, dan lainnya. saat ini banyak developer yang menggunakna framework seperti CodeIgnater, laravel dan lainnya. 


Jadi, Pada dasarnya membuat website itu tidak gratis, hanya saja tidak mahal, jika anda atau kolega anda membutuhkan website sekolah atau website untuk lembaga, organisasi e-commerce, maupun yang lain bisa konsultasi dengan kami di hotline 085 649 845 1875